Jumat, Oktober 01, 2010

Rahasia SEO 2010, 5 Kesalahan dalam membuat Link

Kesalahan dalam membuat Link adalah sebuah rahasia kecil tetapi akan menjadi kesalahan yang besar jika kita tidak menyadarinya. Link juga merupakan salah satu faktor penunjang kampanye SEO anda. Dengan link yang baik akan meningkatkan kunjungan blog anda, pengunjung akan betah berlama-lama di blog anda jika anda mampu membuat path link yang baik di setiap postingan anda atau juga pada tampilan blog anda. Berikut ini beberapa kesalahan yang di alami blogger pada umumnya dan pernah menjadi kebodohan saya, maklum namanya juga newbie. Namun demikian ilpeng.com akan berikan solusinya agar kesalahan tidak terjadi;

1. Link Blogroll menggunakan default bawaan Blogger.
Kenapa dengan blogroll blogger? Kenapa menjadi sebuah kesalahan? Untuk mengetahui itu sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu Apa blogroll dan bagaimana membuat blogroll, jika anda belum tahu bisa klik di Cara Membuat Blogroll ilpeng.com.

Jika anda sudah membacanya anda akan mengetahui cara kerja blogroll bawaan blogger. Kesalahan blogroll ini jika anda pajang di blog anda akan membuat pengunjung tidak berlama-lama di blog anda dan beralih ke blog lain. Ilustrasinya begini, ketika pengunjung sedang asyik mengunjungi blog anda dan secara tidak sengaja tertarik pada salah satu link blogroll yang ada di blog anda misalnya jika ada blog “Software Pengumpul Uang Gratis”, kemudian pengunjung anda meng-klik link tersebut secara otomatis jendela blog anda akan tertutup dan diganti dengan jendela blog “Software Pengumpul Uang Gratis”.

Dengan demikian blog anda akan ditinggalkan, meskipun di blog anda banyak artikel yang sebelumnya ingin di baca oleh pengunjung tersebut. Dan kecenderungan pengunjung ketika memasuki blog yang menarik seperti Software Pengumpul Uang Gratis, sudah pasti akan enggan kembali melihat blog anda sebelumnya. Tentunya kita tidak ingin demikian.

Solusinya jangan menggunakan blogroll bawaan blogger tapi buat lah sendiri dengan menambahkan script target=”new” atau Target=”_blank” pada link yang ada pada blogroll blog anda, sehingga ketika link itu di klik oleh pengunjung, maka secara otomatis akan dibukakan jendela baru, blog anda tetap terbuka dan blog link juga terbuka. Cara membuatnya bisa di lihat di Cara Membuat Blogroll ilpeng.com. Ini akan tetap menguntungkan anda dan blog teman anda yang sudah memasang link di blog anda.

2. Membuat link tanpa menggunakan script target=”new” atau target=”_blank” kecuali ketika memberikan komentar ke blog orang lain.
Melanjutkan rahasia nomor 1, kesalahan ini sama seperti penjelasan nomor satu hanya saja dilakukan pada postingan atau widget yang lain. Intinya membuat link yang memungkinkan blog orang lain terbuka tapi menutup blog kita. Alhasil kita berharap pengunjung membaca 3-5 artikel yang kita postingan tapi justru beralih membaca blog orang lain.

Solusinya biasakan anda membuat link pada postingan atau pada blog menggunakan script target=”new” atau target=”_blank”. Kalau perlu anda buat map link untuk postingan anda, harapannya pengunjung bisa berlama-lama di blog anda dengan mengikuti path yang sudah anda buat. Terlebih lagi jika didukung oleh konten yang bagus dan unik seakan-akan akan menghipnotis pengunjung untuk mengikuti alur yang anda buat. Misalnya saya gambarkan seperti ini:






Ilustrasinya: misalkan postingan utama anda adalah postingan 1, pada paragraf pertama anda upayakan ada link pengunjung untuk membaca postingan anda lainnya terlebih dahulu misalnya postingan 2 jika sudah kembali lagi ke postingan 1 lalu pada paragraf selanjutnya upayakan ada link pengunjung untuk membaca postingan anda lainnya lagi terlebih dahulu misalnya postingan 3 demikian seterusnya. Tapi ingat jangan terlalu dipaksakan nge-link kesana kemari tidak sesuai konten, ini akan membuat pengunjung anda cepat bosan. Sekali lagi kekuatan utamanya adalah kualitas konten.

Disini ilpeng.com berikan pengecualian, jangan membuat link new window pada saat anda membuat link untuk artikel sambungan ini akan membuat kesel pengunjung karena terlaku banyak membuka jendela baru. Dan juga usahakan jangan membuat link new window pada saat memberikan komentar ke blog orang lain, kecuali jika anda memang ingin dipentungin ama yang punya blog. Cukup percayakan pada link ID yang udah anda cantumkan pada awal memberikan komentar.

3. Broken Link
Untuk yang satu ini tidak perlu dijelaskan juga sudah pada paham. Broken link adalah link yang tidak benar artinya ketika di klik tidak menuju alamat yang dituju atau error atau yang lain. Hal ini akan membuat pengunjung anda kecewa, ilpeng.com pernah mengalami ini pada saat memposting trik cepat mengatasi flashdisk yang tidak bisa di eject, silakan lihat complain dari pengunjung yaitu dari facechan tapi lebih kearah mengingatkan ini katanya dalam komentar “btw di link nomer 1 linkya kyknya kurang beres deh, coba dibenerin aja.. td semper binggung kok muncul tampilan error not found gitu..”

Wah kalau newbie seperti saya paling cuman bisa menahan malu dan bilang “hehehe namanya juga newbie maaf”. Tapi coba jika ini terjadi pada anda yang sudah pakar blog yang sudah bertahun-tahun blogging kalau ilpeng.com jadi anda udah pulang kampung ajah deh naek helicopter, hehehe lebay.. padahal cuman masalah ketelitian. Dan yang penting link yang baik akan meningkatkan search engine untuk merayap ke setiap sudut blog anda.

4. Tidak membuat Link Artikel Terkait
Upayakan cantumkan link artikel terkait pada blog anda, dengan harapan untuk menahan pengunjung lebih lama lagi di blog anda. Sebab setelah baca postingan 1 kemudian melihat beberapa postingan lain yang masih terkait pasti pengunjung akan penasaran dan melanjutkan membacanya deh.

5. Link Gambar
Tidak banyak yang dibahas pada kesalahan link gambar, hanya pada penggunaan gambar dengan menggunakan link orang lain biasakan menambahkan kode alt=”keyword anda”

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat dan langsung di aplikasikan.

0 comments:

Posting Komentar